いらしゃいます!!

ここはりんのせかい。。。

みんなーさま、りにゅとブログよこそいらしゃいました!

チャットはわすれないで!^^

ありがとうございました!

Perairan Indonesia Aman dari Radiasi Nuklir Jepang

Jumat, 25 Maret 2011
Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad meyakinkan laut Indonesia aman dari efek radiasi meledaknya reaktor nuklir di Fukushima, Jepang. "Efek langsungnya terhadap laut Indonesia dipastikan sangat minimal," kata Fadel di Jakarta, Rabu (23/3).

Menurut Fadel, kecil sekali perairan Indonesia tercemar. Pun andainya perairan laut di sekitar Fukushima tercemar senyawa radiokatif, efek senyawa itu akan mengecil akibat proses pengenceran yang terjadi sepanjang perjalanan yang berjarak ribuan mil laut dari Jepang menuju Indonesia.

Selain itu, ujar dia, dengan memperhatikan pola arus permukaan global, maka kemungkinan pencemaran perairan yang ada di Jepang dan sekitarnya untuk terbawa ke perairan Indonesia juga relatif kecil. Sedangkan ikan yang hidup di perairan Pasifik bagian utara seperti kawasan perairan Jepang, lanjutnya, berbeda populasinya dengan ikan di perairan Pasifik sebelah selatan termasuk di sekitar khatulistiwa.

"Ikan-ikan yang menyebar di sekitar perairan Jepang kemungkinan kecil bermigrasi ke wilayah perairan di bawah 10 derajat Lintang Utara, apalagi sampai ke perairan Indonesia," katanya.

Karenanya, Fadel menyatakan isu tentang ikan di Indonesia tercemar radiasi nuklir asal Jepang adalah tidak benar. Fadel juga menuturkan, bencana nuklir Fukushima diperkirakan masih jauh lebih kecil dibanding dengan krisis nuklir yang terjadi di Chernobyl pada 1986.

"Hal tersebut menunjukan bahwa bencana Fukushima hanya menimbulkan dampak yang kecil pada ekosistem laut laut Jepang, sehingga tidak akan menyebabkan laut Indonesia maupun biota di dalamnya menjadi tercemar," katanya.(Ant/ICH)

0 コメンット:

Posting Komentar